:: dengan memahami sejarah kita dapat bertindak lebih bijak :: :: AJINING DIRI ANA ING KEDALING LATHI, AJINING RAGA ANA ING TATA BUSANA ::

Senin, 28 November 2011

Kisi-kisi soal


Kisi-kisi penulisan soal

Kisi-kisi penulisan soal adalah suatu format atau matriks yang memuat kriteria tentang soal-soal yang diperlukan dalam suatu tes atau ujian untuk mengukur pencapaian belajar sesuai dengan kurikulum.
Penyusunan penulisan kisi-kisi merupakan langkah awal yang harus dilalui dalam setiap penulisan soal. Dengan adanya kisi-kisi, penulis soal yang berbeda akan menghasilkan soal yang relatif sama, baik tingkat kedalamannya maupun cakupan materi yang diukur.
Ada dua jenis penulisan kisi-kisi yaitu : kisi-kisi terbuka dan kisi-kisi tertutup. Kisi kisi terbuka adalah kisi-kisi yang memberikan keleluasaan kepada penyusun soal untuk menulis butir soal sesuai dengan kompetensi/indikator dalam kisi-kisi, artinya sebuah indikator dalam kisi-kisi dimungkinkan dapat dibuat lebih dari satu soal tetapi masih mengukur sebuah kompetensi. Sedangkan kisi-kisi tertutup adalah kisi-kisi yang tidak memberikan keleluasaan kepada penyusun soal untuk menulis butir soal, karena jawaban dari soal yang diharapkan telah ditentukan dalam kisi-kisi.
Kisi-kisi memuat beberapa komponen yang dijabarkan ke dalam tujuan-tujuan tertentu dalam penulisan soal. Kriteria penyusunan kisi-kisi yang baik diantaranya adalah :
Dapat mewakili isi kurikulum secara tepat
Komponen-komponen di dalamnya jelas dan mudah dimengerti
Dapat disusun soalnya
Contoh komponen-komponen yang biasa digunakan dalam menulis kisi-kisi mata pelajaran bahasa adalah :

Mata Pelajaran         :    Bahasa Jawa
Kelas / Semester     :    V / 2
Waktu                      :    60  menit Test Tertulis, 30 menit Test Praktik
Jumlah Soal            :    25  butir soal Tertulis, 2 butir soal Praktik
Aspek                      :
a.  Mendengarkan    Jumlah Soal   :    1   Praktik    :  1
b.  Berbicara            Jumlah Soal   :    1   Praktik    :  1
c.  Membaca            Jumlah Soal   :    14 PG         :  8   Isian  :  3     Uraian     : 3
d.  Menulis               Jumlah Soal   :    11 PG         :  7   Isian  :  2     Uraian     : 2


No
Aspek
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator
Bentuk Soal
No Soal
PG
Isn
Urn
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
(8)
(9)
(10)





















Artikel yang kemungkinan terkait:

0 komentar:

Posting Komentar