Prof. Dr. Suparno (KDM : 3.1) mengatakan mengarang
adalah mengungkapkan atau menyampaikan gagasan dengan bahasa tulis. Gagasan
yang akan disampaikan dalam bahasa tulis kepada pembaca berupa : narasi
(perceritaan), deskripsi (pelukisan), eksposisi (paparan), argumentasi
(pembahasan), dan persuasi (ajakan).
Pengajaran mengarang bertujuan melatih siswa menuangkan
pikiran dan perasaan dengan bahasa tulis secara teratur dan teliti. Untuk dapat
membuat karangan diperukan pengetahuan umum yang luas, karena pada dasarnya
mengarang adalah menyusun ribuan pikiran, pengetahuan ejaan, pemilihan kata,
susunan kata, paragraph sangat diperlukan (Depdikbud 1994/1995 : 14).
Karangan merupakan rangkaian kalimat yang
saling berhubungan setiap kalimat mengandung makna tetapi semua kalimat harus
saling mendukung pokok pikiran dalam karangan. Monsey, (1986 : 122), menjelaskan mengarang merupakan
ketrampilan berbahasa yang kompleks itu perlu dilatihkan secara teratur dan
cermat sejak kelas awal SD.
0 komentar:
Posting Komentar