:: dengan memahami sejarah kita dapat bertindak lebih bijak :: :: AJINING DIRI ANA ING KEDALING LATHI, AJINING RAGA ANA ING TATA BUSANA ::

Selasa, 15 November 2011

Mengarang


Prof. Dr. Suparno (KDM : 3.1) mengatakan mengarang adalah mengungkapkan atau menyampaikan gagasan dengan bahasa tulis. Gagasan yang akan disampaikan dalam bahasa tulis kepada pembaca berupa : narasi (perceritaan), deskripsi (pelukisan), eksposisi (paparan), argumentasi (pembahasan), dan persuasi (ajakan).
Pengajaran mengarang bertujuan melatih siswa menuangkan pikiran dan perasaan dengan bahasa tulis secara teratur dan teliti. Untuk dapat membuat karangan diperukan pengetahuan umum yang luas, karena pada dasarnya mengarang adalah menyusun ribuan pikiran, pengetahuan ejaan, pemilihan kata, susunan kata, paragraph sangat diperlukan (Depdikbud 1994/1995 : 14).
Karangan merupakan rangkaian kalimat yang saling berhubungan setiap kalimat mengandung makna tetapi semua kalimat harus saling mendukung pokok pikiran dalam karangan. Monsey, (1986 : 122), menjelaskan mengarang merupakan ketrampilan berbahasa yang kompleks itu perlu dilatihkan secara teratur dan cermat sejak kelas awal SD.

Artikel yang kemungkinan terkait:

0 komentar:

Posting Komentar