Pendekatan adalah salah cara yang
dianggap terbaik untuk mencapai sesuatu.
Pendekatan dalam pembelajaran bahasa merupakan cara terbaik untuk
melatih ketrampilan berbahasa atau berkomunikasi
baik lisan maupun tertulis.
1) Gueded
Writing
Gueded Writing adalah salah satu
komponen dalam whole language. Peran guru di sini adalah sebagai fasilitator,
membantu siswa menemukan apa yang menarik. Guru bertindak sebagai pendorong
bukan pengatur, sebagai pemberi saran bukan pemberi petunjuk. Dalam kegiatan ini proses writing,
seperti memilih topik, membuat draft, memperbaiki, ddan mengedit dilakukan
sendiri oleh siswa.
2) Pendekatan
Frekuensi
Pendekatan frekuensi adalah suatu
pendekatan yang berpedoman pada banyaknya
(frekuensi) kegiatan atau latihan. Semakin banyak / sering latihan
dilakukan semakin tinggi pula kemampuan yang dicapai. Pada pembelajaran menulis
karangan narasi, kekerapan kegiatan / latihan menulis akan menentukan kualitas
kemampuan menulis pada siswa yang dapat dilihat dari hasil karya siswa.
Banyaknya latihan mengarang sekalipun tidak dikoreksi (termasuk menulis buku
harian atau surat) akanmembantu meningkatkan ketrampilan menulis siswa.
Implikasi pendekatan frekuensi dalam
pembelajaran menulis karangan narasi dapat dilaksanakan dengan cara guru
melatih anak didiknya sebagai berikut :
1) Secara periodik siswa dibawa
berkaryawisata baik obyek yang dekat (sekitar sekolah) atau jauh ,anak diberi
tugas untuk menulis apa yang diamati.
2)
Setiap pelajaran bahasa, semua keterampilan
bahasa diberikan terutama menulis.
3) Setiap siswa diberi buku untuk
latihan menulis yang diisi setiap pulang sekolah besok harinya diperiksa.
4) Secara teratur menggunakan
perpustakaan sekolah untuk mengumpulkan bahan dalam menulis.
1 komentar:
Kekurangan dan kelebihan pendekatan frekuensi apa mas
Posting Komentar