:: dengan memahami sejarah kita dapat bertindak lebih bijak :: :: AJINING DIRI ANA ING KEDALING LATHI, AJINING RAGA ANA ING TATA BUSANA ::

Rabu, 16 November 2011

Pendekatan Frekuensi


Pendekatan adalah salah cara yang dianggap terbaik untuk mencapai sesuatu.  Pendekatan dalam pembelajaran bahasa merupakan cara terbaik untuk melatih ketrampilan berbahasa  atau berkomunikasi baik lisan maupun tertulis.
1)    Gueded Writing
Gueded Writing adalah salah satu komponen dalam whole language. Peran guru di sini adalah sebagai fasilitator, membantu siswa menemukan apa yang menarik. Guru bertindak sebagai pendorong bukan pengatur, sebagai pemberi saran bukan pemberi  petunjuk. Dalam kegiatan ini proses writing, seperti memilih topik, membuat draft, memperbaiki, ddan mengedit dilakukan sendiri oleh siswa.
2)    Pendekatan Frekuensi
Pendekatan frekuensi adalah suatu pendekatan yang berpedoman pada banyaknya  (frekuensi) kegiatan atau latihan. Semakin banyak / sering latihan dilakukan semakin tinggi pula kemampuan yang dicapai. Pada pembelajaran menulis karangan narasi, kekerapan kegiatan / latihan menulis akan menentukan kualitas kemampuan menulis pada siswa yang dapat dilihat dari hasil karya siswa. Banyaknya latihan mengarang sekalipun tidak dikoreksi (termasuk menulis buku harian atau surat) akanmembantu meningkatkan ketrampilan menulis siswa.
Implikasi pendekatan frekuensi dalam pembelajaran menulis karangan narasi dapat dilaksanakan dengan cara guru melatih anak didiknya  sebagai berikut :
1)     Secara periodik siswa dibawa berkaryawisata baik obyek yang dekat (sekitar sekolah) atau jauh ,anak diberi tugas untuk menulis apa yang diamati.
2)        Setiap pelajaran bahasa, semua keterampilan bahasa diberikan terutama menulis.
3)     Setiap siswa diberi buku untuk latihan menulis yang diisi setiap pulang sekolah besok harinya diperiksa.
4)    Secara teratur menggunakan perpustakaan sekolah untuk mengumpulkan bahan dalam menulis.

Artikel yang kemungkinan terkait:

1 komentar:

Firman mengatakan...

Kekurangan dan kelebihan pendekatan frekuensi apa mas

Posting Komentar