:: dengan memahami sejarah kita dapat bertindak lebih bijak :: :: AJINING DIRI ANA ING KEDALING LATHI, AJINING RAGA ANA ING TATA BUSANA ::

Rabu, 16 November 2011

Metode Latihan (Drill)


Metode Drill (latihan) adalah suatu cara yang baik untuk menanamkan kebiasaan tertentu, menambah kecepatan, ketepatan , kesempurnaan dalam melakukan sesuatu serta dapat dipakai sebagai cara mengulangi bahan yang telah disajikan (Drs. IGN.S, 1975 : 21).
Dalam Didaktik Metodik Umum (Depdikbud, 1995/1996 : 20-21) disebutkan bahwa metode drill adalah suatu metode untuk melatih ketrampilan baik fisik maupun mental, karena hanya dengan latihan suatu ketrampilan dapat dikuasai. Latihan berhubungan dengan pembentukan kemahiran atau kecakapan.
Langkah-langkah metode Drill :
  1. Siswa diberi penjelasan mengenai manfaat dan tujuan latihan untuk membangkitkan motivasi belajar pada siswa agar latihan itu tidak bersifat verbal.
  2. Latihan hendaknya dilakukan secara bertahap dimulai dari yang sederhana kemudian meningkat ke taraf yang lebih kompleks atau sulit.
  3. Selama latihan berlangsung perhatikan bagian yang dirasa sulit oleh siswa.
  4. Latihan pada bagian yang dianggap sulit hendaknya lebih intensif, dengan  menggunakan alat pelajaran yang dapat membantu mengatasi kesulitan.
  5. Perhatikan perbedaan individual siswa, kesulitan yang dialami siswa perlu mendapat perhatian khusus.
  6. Jika suatu latihan telah dikuasai siswa taraf berikutnya adalah aplikasinya. Oleh karena itu diusahakan agar konsep yang dilatihkan ada hubungannya dengan kehidupan sehari-hari.

Artikel yang kemungkinan terkait:

2 komentar:

  1. Terima kasih Infonya pak, lama saya mencari tulisan seperti ini, namun ada yang ingin saya tanyakan yakni sintaks pembelajaran model drill yang pas bagimana? terkait peran guru dan siswa
    sekali lagi kami sampaikan terima kasih.

    BalasHapus
  2. sama-sama maspayjoe, yang pernah saya lakukan adalah seperti yang saya poskan diatas. Namun maspayjoe bisa menyelaraskannya sesuai dengan karakteristik materi dan siswa agar pembelajaran lebih berdaya guna.
    semoga maspayjoe sukses selalu. Amin......

    BalasHapus