:: dengan memahami sejarah kita dapat bertindak lebih bijak :: :: AJINING DIRI ANA ING KEDALING LATHI, AJINING RAGA ANA ING TATA BUSANA ::

Jumat, 25 November 2011

Pembelajaran Tematik

Pembelajaran Tematik
Pendekatan pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran kelas 1, 2, dan 3 menggunakan pendekatan pembelajaran tematik. Pembelajaran tematik adalah pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman belajar yang bermakna kepada peserta didik.
Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran tematik memiliki karakteristik sebagai berikut :
  1. Berpusat pada peserta didik
  2. Memberikan pengalaman langsung
  3. Tidak terjadi pemisahan mata pelajaran
  4. Menyajikan konsep yang terpadu dari berbagai mata pelajaran
  5. Bersifat fleksibel
  6. Proses pembelajaran mudah disesuaikan dengan minat dan kebutuhan peserta didik
  7. Menggunakan prinsip pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif
Pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran tematik bertujuan :
  1. Memusatkan perhatian peserta didik mudah pada suatu tema materi yang jelas;
  2. Mengembangkan berbagai kompetensi dasar antar mata pelajaran dalam tema yang sama;
  3. Pemahaman terhadap materi pelajaran lebih mendalam dan berkesan;
  4. Memudahkan guru dalam mempersiapkan dan menyajikan
Pendekatan pembelajaran tematik menuntut guru harus kreatif dalam menyiapkan kegiatan/pengalaman belajar bagi peserta didik, memilih kompetensi dari berbagai mata pelajaran dan mengaturnya agar pembelajaran menjadi lebih bermakna, menarik, menyenangkan dan utuh. Guru harus terampil memilih tema (pokok pikiran atau gagasan pokok yang menjadi topik pembelajaran) dan merumuskan jaringan indikator pencapaian kompetensi dalam setiap tema.

Sebagai gambaran, jaringan indikator pencapaian kompetensi dalam setiap tema dapat didownload dengan mengklik gambar di bawah ini.



Artikel yang kemungkinan terkait:

0 komentar:

Posting Komentar